Home > Budaya

Melihat Kemeriahan Perayaan Imlek di Stasiun Cirebon

Di area hall Stasiun Cirebon pun terdapat photobooth bernuansa Imlek yang bisa digunakan oleh penumpang untuk berswafoto.
Kemeriahan perayaan Imlek di Stasiun Cirebon, Ahad (11/2/2024). (Dok Humas Daop3 Cirebon)
Kemeriahan perayaan Imlek di Stasiun Cirebon, Ahad (11/2/2024). (Dok Humas Daop3 Cirebon)

CIREBON – Ribuan warga memadati area parkir Stasiun Cirebon, Ahad (11/2/2024). Tak hanya penumpang yang akan naik kereta api (KA) maupun penumpang yang baru turun dari KA, warga sekitar juga turut hadir.

Di area parkir Stasiun Cirebon itu, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon mengadakan pertunjukkan barongsai. Pertunjukkan itu sengaja dihadirkan untuk memeriahkan perayaan Imlek 2575 Kongzili. Tak hanya barongsai, KAI juga menghadirkan atraksi Naga Liong dan Biksu Tong.

Selain itu, untuk menambah kemeriahan Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili, Stasiun Cirebon juga dipenuhi dengan hiasan dan ornamen khas Imlek. Di area hall Stasiun Cirebon pun terdapat photobooth bernuansa Imlek yang bisa digunakan oleh penumpang untuk berswafoto.

Manajer Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengatakan, perayaan Tahun Baru Imlek merupakan sebuah tradisi masyarakat Tionghoa yang mewarnai keberagaman mulai dari adat istiadat, budaya serta agama. Diharapkan, dapat menumbuhkan solidaritas sosial dalam kehidupan masyarakat.

‘’Kami juga mengadakan Loyalty Program dalam bentuk quiz berhadiah menarik berupa kaos KAI, voucher wisata Tropikana dan voucher tiket KA gratis untuk para penumpang,’’ terang Rokhmad.

Pada kesempatan yang sama, KAI juga membagikan makanan khas Imlek seperti kue keranjang, jeruk pongkam dan snack untuk para penumpang yang sedang menunggu kedatangan KA di area hall Stasiun Cirebon.

‘’Kami berharap program dan aktivitas menarik tersebut dapat menambah pengalaman berkesan bagi para penumpang kereta api pada masa liburan Tahun Baru Imlek 2024,’’ ujar Rokhmad.

Pada masa libur Tahun Baru Imlek ini, secara keseluruhan Daop 3 Cirebon menyiapkan 14.210 tempat duduk untuk keberangkatan dari tanggal 8-11 Februari 2024.

Jumlah penumpang yang sudah diberangkatkan KAI Cirebon pada periode libur panjang akhir pekan, khususnya periode 8-10 Februari tercatat sebanyak 12.326 orang.

‘’Perkiraan puncak volume keberangkatan dari wilayah Daop 3 Cirebon akan terjadi pada hari ini,’’ terang Rokhmad.

Data terupdate pada Ahad pagi tadi (11/2/2024), penumpang yang diberangkatkan dari stasiun di wilayah Daop 3 Cirebon sejumlah 7.199 penumpang. Angka itu masih akan terus bertambah karena proses penjualan tiket masih terus berlangsung.

‘’Jumlah tersebut meningkat 100 persen jika dibandingkan dengan hari-hari weekend biasanya yang mengangkut rata-rata sebanyak 3.000-an penumpang,’’ katanya. (lilis sri handayani)

× Image