Home > Jogregan

Kilang Balongan Konsisten Tingkatkan Demand Avtur

Inovasi yang membuahkan penghargaan ini diinisiasi oleh pekerja PT KPI RU VI Balongan yang tergabung dalam gugus Project Collaboration Prove (PC Prove) Avgan.
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan meraih penghargaan Dharma Karya Energi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia dengan kategori Dharma Karya Muda. (Dok. Gincumanis.com)
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan meraih penghargaan Dharma Karya Energi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia dengan kategori Dharma Karya Muda. (Dok. Gincumanis.com)

GINCUMANIS.COM, INDRAMAYU -- Konsistensi Kilang Pertamina Balongan dalam menjaga kehandalan Kilang terus diimplementasikan agar bisa memenuhi kebutuhan energi nasional. Inovasi operasional kilang pun terus dilakukan, sehingga kilang bukan hanya menghasilkan produk yang unggul, namun juga ramah lingkungan, menciptakan efisiensi budget maupun efisiensi penggunaan energi pada proses produksinya, serta turut meningkatkan aspek Safety-nya.

Berkat Inovasi tersebut, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan meraih penghargaan Dharma Karya Energi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia dengan kategori Dharma Karya Muda.

Penghargaan diberikan di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta pada Kamis (10/10), bertepatan pada acara peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-79.

Inovasi yang membuahkan penghargaan ini diinisiasi oleh pekerja PT KPI RU VI Balongan yang tergabung dalam gugus Project Collaboration Prove (PC Prove) Avgan, dengan judul Inovasi yang dihasilkan yakni “Meningkatkan Produksi Avtur RU VI dalam Upaya Pemenuhan Demand Avtur Nasional melalui Rekayasa Operasional dan Inovasi PASSTA-PRO di Unit CDU RU VI Balongan”.

Berkat karya ini, terjadi peningkatan kontribusi Kilang Pertamina Balongan dalam pemenuhan demand Avtur nasional yang semula 5,8 persen menjadi max 10,8 persen.

“Alhamdulillah penghargaan ini adalah hasil kerja sama pekerja di Kilang RU VI untuk bangsa dan Negara tentunya,” ujar Dani Endar mewakili PC-Prove Avgan.

PC-Prove Avgan sendiri beranggotakan delapan orang, di antaranya Dani Endar Purwanto, Andhika Oly Hendrawan, Febianta Parma Mustika, Denis Yanuardi, Hendiono, Rahmat Setiawan, Saputro Wijangkoro, dan Rangga Gumilang.

Pada upacara Hari Jadi Pertambangan dan Energi tersebut, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menyampaikan penghargaan atas jasa dan bakti perusahaan - perusahaan di sektor energi dan sumber daya mineral.

Bahlil menekankan pentingnya menjaga pengelolaan sumber daya alam, serta perlunya percepatan transisi energi yang sejalan dengan komitmen menuju Net Zero Emissions pada tahun 2060.

"Peringatan ini harus menjadi momentum untuk terus bekerja membangun sektor ESDM secara berkelanjutan. Kita memikul tanggung jawab besar menjaga keberlanjutan sektor energi dan sumber daya mineral, sesuai amanat Pasal 33 UUD 1945," ujar Bahlil.

Di tempat terpisah, General Manager (GM) PT KPI RU VI Balongan Yulianto Triwibowo, turut memberikan apresiasi atas penghargaan yang diraih PC-Prove Avgan ini. GM mengatakan, Kilang Balongan memiliki potensi yang lebih besar dalam melakukan berbagai inovasi dan modifikasi operasional kilang sebab Kilang Balongan memiliki nilai NCI 11.9, tertinggi di antara semua kilang Pertamina.

“Terima kasih atas dedikasinya, dan tetap semangat untuk terus memberikan yang terbaik kepada kepada perusahaan dan Negara,” ujarnya. n Agus Yulianto

× Image