Home > Jogregan

Program Upskilling Lawan Stunting di Desa Dawuan Barat

Kegiatan ini yang merupakan titik awal menuju cita-cita mewujudkan Desa Dawuan Barat bebas stunting.
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melalui Fuel Terminal Cikampek menggelar Upskilling Kader Kesehatan Posyandu Cempaka dan Posyandu Remaja Resep di Purwakarta. (Dok. Gincumanis.com)
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melalui Fuel Terminal Cikampek menggelar Upskilling Kader Kesehatan Posyandu Cempaka dan Posyandu Remaja Resep di Purwakarta. (Dok. Gincumanis.com)

GINCUMANIS, JAKARTA -- Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melalui Fuel Terminal Cikampek menggelar Upskilling Kader Kesehatan Posyandu Cempaka dan Posyandu Remaja Resep di Purwakarta. Program ini bertujuan untuk mendukung penanganan stunting di masyarakat Desa Dawuan Barat.

Manager Fuel Terminal Cikampek Syahwin A Saleh mengatakan, kegiatan ini menjadi titik awal dari tekad bersama dalam melakukan optimalisasi pelayanan kesehatan, serta peran kader dalam penanganan stunting di Desa Dawuan Barat.

"Kegiatan ini yang merupakan titik awal menuju cita-cita mewujudkan Desa Dawuan Barat bebas stunting,” ucap Syahwin.

Program upskilling Kader Kesehatan dibagi menjadi dua rangkaian acara. Pertama yaitu upskilling bagi kader kesehatan posyandu Cempaka dengan materi yang disampaikan oleh Titeu Herawati dari Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Barat, serta upskilling kader kesehatan posyandu remaja Resep dengan fokus kepada tugas pokok kader remaja.

Selain itu, ada keterampilan komunikasi, penyuluhan, serta pola hidup sehat dan gizi seimbang pada remaja yang dibawakan oleh Eneng Sukmayanti, Heni Damayanti, dan Latifiani Kholifasari dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang.

Ketua Kelompok Substansi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang Eneng Sukmayanti, mengatakan pelatihan ini diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam mempromosikan pola hidup sehat, pencegahan penyakit serta mengedukasi para generasi muda.

Pelatihan Kader Remaja Peduli Kesehatan ini, kata dia, bertujuan untuk membentuk generasi muda yang berpengetahuan, peduli, dan berperan aktif dalam menjaga serta meningkatkan kesehatan diri dan lingkungan sekitarnya. Melalui program ini, para peserta diharapkan mampu menjadi agen perubahan yang mempromosikan pola hidup sehat, mencegah penyakit, serta mengedukasi teman sebaya dan masyarakat tentang pentingnya kesehatan fisik dan mental.

"Dengan semangat kolaborasi dan tanggung jawab sosial, kita yakin bahwa remaja dapat menjadi pilar penting dalam menciptakan generasi yang lebih sehat dan berkualitas,” kata Eneng.

Desa Dawuan Barat menjadi locus stunting di wilayah Kecamatan Cikampek. Hal tersebut yang mendorong Pertamina untuk terus berkolaborasi dengan pemerintahan desa, Puskesmas dan Dinas Kesehatan untuk melakukan pencegahan dan penanganan stunting.

Pj Kepala Desa Dawuan Barat Ari Maulana berharap, ke depan pihaknya dapat terus berkolaborasi dengan Pertamina dalam memaksimalkan upaya penanganan stunting.

Sementara Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan, program ini sejalan dengan visi perusahaan dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Melalui kegiatan upskilling kader kesehatan, terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat terkait kesehatan yang mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya tujuan nomor 3, yaitu kehidupan sehat dan sejahtera," ujar Eko. n Agus Yulianto

× Image