Home > Jogregan

Batik Kamuning Kuningan Bersinar di Ajang Front Row Paris 2024

Pengrajin batik di Kabupaten Kuningan selama ini banyak, tapi belum punya nama yang bisa mewakilkan secara keseluruhan.
Sejumlah motif khas batik Kuningan dipajang pada pusat batik. (Dok. Republika)
Sejumlah motif khas batik Kuningan dipajang pada pusat batik. (Dok. Republika)

GINCUMANIS.COM, KUNINGAN -- Batik Kamuning khas Kabupaten Kuningan berhasil mencuri perhatian dunia dalam ajang bergengsi Front Row Paris 2024, yang digelar di Salle Wagram, Paris, beberapa waktu yang lalu. Dalam ajang internasional itu, Batik Kamuning tampil dalam koleksi Deden Siswanto, salah satu desainer terkemuka Indonesia.

Video footage Batik Kamuning dalam Front Row Paris 2024 pun viral di media sosial. Dalam video yang diunggah di akun Instagram desainer Deden Siswanto, @densiswanto, tampak koleksi Batik Kamuning tampil anggun di atas panggung bersejarah Salle Wagram, Paris.

Dalam ajang fesyen itu, Batik Kamuning tampil dalam berbagai potongan busana ready-to-wear deluxe yang memadukan unsur tradisional dengan sentuhan modern. Desain yang terinspirasi dari wastra nusantara itu mengusung cutting trapesium pada coat, rompi, blouse, hingga rok, yang semakin memperlihatkan fleksibilitas Batik Kamuning sebagai elemen mode internasional.

Koleksi Deden Siswanto yang menggunakan Batik Kamuning di Front Row Paris 2024 menekankan pentingnya pelestarian budaya lokal sekaligus inovasi dalam dunia fesyen. Tidak hanya menonjolkan keindahan batik, tetapi juga menunjukkan wastra tradisional dapat diadaptasi menjadi karya yang relevan dan digemari pasar internasional.

Sentuhan cutting modern dan pilihan bahan yang ramah lingkungan memperkuat komitmen terhadap fesyen berkelanjutan, tanpa mengesampingkan nilai-nilai tradisi.

Kehadiran Batik Kamuning di salah satu acara fesyen paling bergengsi di dunia tersebut membuktikan bahwa produk lokal dari Kuningan mampu bersaing di panggung internasional.

Dalam waktu singkat, video itu mendapatkan banyak likes dan komentar positif dari pengguna media sosial, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Banyak yang tidak menyangka bahwa batik yang diperagakan dengan sangat modern tersebut berasal dari pergelaran prestisius di Paris.

Komentar bernada bangga dan kekaguman membanjiri unggahan tersebut, dengan banyak netizen memuji karya Deden Siswanto yang mampu mengangkat warisan budaya Indonesia ke panggung mode dunia.

Seperti diketahui, Batik Kamuning diluncurkan bertepatan dengan rangkaian Hari Jadi Kuningan, Kamis (29/8/2024). Batik Kamuning adalah batik dengan motif utamanya bunga kamuning yang menjadi ciri khas Batik Kuningan.

Penjabat Bupati Kuningan, Iip Hidajat, mengatakan, diluncurkannya Batik Kamuning itu bertujuan sebagai identitas batik khas Kuningan. Pasalnya, pengrajin batik di Kabupaten Kuningan selama ini banyak, tetapi belum punya nama yang bisa mewakilkan secara keseluruhan.

‘’Kami berharap, launching Batik Kamuning dapat memperkuat kebanggaan kita terhadap budaya lokal dan memberikan dampak positik terhadap perekonomian serta pelestarian budaya daerah,’’ kata Iip. n Lilis Sri Handayani, ed: Agus Yulianto

× Image